MPPL - Kuis 1

 

Manajemen Proyek Perangkat Lunak

Kuis 1

Wina Tungmiharja (5025201242)
Hansen Idden (5025201100)

1. Sebutkan perbedaan pekerjaan proyek dan pekerjaan rutin

A. Kegiatan Proyek

- Memiliki sifat Dinamis, tidak rutin
- Siklus projek biasanya tergolong relatif pendek
- Banyaknya (Intensitas) pekerjaan dan kegiatan di dalam periode siklus proyek turun-naik (berubah-ubah)
- Kegiatan harus diselesaikan berdasarkan anggaran, jadwa, dan mutu yang telah ditentukan
- Terdiri atas berbagai kegiatan yang memerlukan adanya disiplin ilmu
- Keperluan sumber daya seiring berubah

B. Kegiatan Operasional

- Memiliki sifat statis, rutin
- Siklus projek biasanya tergolong relatif panjang
- Banyaknya pekerjaan biasanya relatif sama
- Batasan anggaran dan jadwal biasa tidak di-spesifikan secara detail dan bisa berubah
-Macam kegiatan biasanya yang sama dan repetitif sehingga tidak memerlukan tenaga ahli yang banyak
- Keperluan sumber daya relatif sama


2. Apa saja yang perlu dikelola dengan baik, agar proyek dapat berhasil. Jelaskan

A. Scope

Scope merupakan hal yang seharusnya dilakukan dalam suatu proyek, serta anggaran waktu dan uang yang telah diciptakan untuk mencapai tujuan. Setiap perubahan pada ruang lingkup proyek, harus memiliki perubahan yang sesuai dalam anggaran, waktu, sumber daya, atau ketiganya.

B. Sumber Daya

Sumber daya harus secara aktif dikontrol oleh Project Manager. karyawan yang ada harus memiliki keterampilan dalam mengolah dan menggunakan material sehingga tim dapat beroperasi secara efisien.

C. Waktu

Jadwal Projek harus mencerminkan semua tugas yang harus diselesaikan.Selain itu juga dibutuhkan dirasi agar tugas dapat dilakukan secara terstruktur, dan juga bisa secara bersamaan sehingga semua tugas dapat berjalan sesuai rencana.

D. Uang

pemahaman yang kuat dan kemampuan dalam pengelolaan anggaran awal merupakan kunci kesuksesan projek. Karena nyatanya, setiap tugas yang akan dikerjakan nantinya membutuhkan biaya; seperti sumber daya manusia, dan peralatan lainnya yang juga dibutuhkan. 



3. Siapakah yang dimaksud dengan stakeholder dalam proyek. Sebutkan dan jelaskan perannya.

stakeholder adalah seorang pemangku kepentingan atau pihak yang berkepentingan. Adapun peran dari stakeholder sendiri yaitu :

A. Membuat keputusan

Para stakeholder perlu mengadakan rapat yang mengundang eksekutif perusahaan, seperti jajaran direktur dan pihak-pihak lainnya yang memiliki kewenangan yang cukup penting di dalam perusahaan tersebut, seperti pemilik saham dalam jumlah yang besar.

B. Manajemen langsung

Beberapa pihak stakeholder juga memiliki keterlibatan langsung dalam manajemen perusahaan. Stakeholder menduduki bagian departemen-departemen tertentu di dalam sebuah perusahaan, seperti dengan HRD, R&D, dan lain-lain untuk mengatur perkembangan bisnis dan menjamin kesuksesannya secara langsung.

C. Pendukung keuangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, stakeholder pun salah satunya adalah investor bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu, stakeholder dapat memutuskan untuk menambah atau mengurangi investasi mereka pada suatu perusahaan dengan menimbang kondisi finansial bisnis tersebut.



4. Komposisi Tim Proyek terdiri dari siapa saja? Apa peran masing-masing

Tim proyek memiliki peran seperti :

A. Staf manajemen proyek : melakukan aktivitas manajemen proyek seperti penjadwalan, penganggaran, pelaporan dan kontrol, komunikasi, manajemen risiko dan administrasi mendukung.

B. Staf proyek : melaksanakan pekerjaan menciptakan hasil kerja proyek.

C. Ahli pendukung : melakukan kegiatan yang diperlukan untuk mengembangkan atau melaksanakan rencana pengelolaan proyek seperti kontraktor, manajemen keuangan, logistik, hukum, keselamatan, teknik, tes, atau kontrol kualitas.

D. Pengguna atau pelanggan  : bertindak sebagai wakil atau penghubung untuk  memastikan koordinasi yang baik, saran terkait persyaratan, atau memvalidasi penerimaan hasil proyek.

E. Penjual atau Sellers : menyediakan komponen atau jasa yang diperlukan untuk proyek tersebut.

F. Anggota mitra bisnis : memastikan koordinasi yang baik.

G. Mitra bisnis : menyediakan keahlian khusus atau mengisi peran tertentu seperti instalasi, kustomisasi, pelatihan, atau dukungan.


5. Tuliskan draft Project Charter untuk link proyek berikut


 

Komentar

Postingan Populer